Mandi Malam Hari, Berbahayakah?

Diposting pada

mandi malam hari, mandi di malam hari, mandi malam bikin rematik, reumatik

Mandi malam hari sering dilakukan seseorang karena keterpaksaan bukan kesengajaan. Misalnya begini, pulang kerja jam 5 sore, karena perjalanan yang macet sehingga baru sampai rumah jam 8 malam. Mau tidak mau harus mandi malam hari.

Kalau tidak mandi, badan terasa gatal dan kurang nyaman untuk beristirahat. Setelah mandi tentu badan lebih bersih dan nyaman beraktivitas setelahnya. Apalagi setelah seharian bekerja di luar rumah, pasti rasa penat itu ikut luruh bersama guyuran air di badan.

Rasanya tidak ada yang memang sengaja mandi malam tanpa ada alasan “kepepet”. Nah, ada sebuah anggapan yang beredar di masyarakat bahwa mandi malam bisa membahayakan. Makanya banyak orang yang melarang mandi di malam hari karena nanti akan timbul berbagai penyakit.

Penyakit yang sering berkaitan dengan mandi malam adalah reumatik. Apa benar anggapan tersebut, bagaimana efek mandi malam ditinjau dari sisi medis?

Mandi Malam Bikin Reumatik?

dr Ferry Firmansyah, ketua lembaga kesehatan di Semarang menjelaskan, anggapan orang selama ini bahwa mandi malam bisa menyebabkan rematik maka itu adalah salah.

Hanya saja mandi malam bisa memperberat keluhan nyeri rematik. Karena itu bagi penderita rematik tidak dianjurkan mandi ketika malam hari.

Adapun dampaknya, maka dapat memicu penuaan dini. Saat malam hari udara dalam kondisi dingin, secara otomatis suhu tubuh pun juga ikut dingin. Untuk menghangatkannya (temperatur tubuh tetap normal) maka tubuh akan meningkatkan metabolismenya agar aliran darah meningkat. Gunanya untuk mensuplai oksigen ke seluruh tubuh.

Karena itu dalam kondisi seperti ini tubuh memerlukan lebih banyak kalori dan oksigen. Untuk mencukupinya maka memerlukan kalori yang lebih banyak dengan cara menimbulkan rasa lapar dan lapar. Untuk mencukupi kebutuhan oksigen, orang itu akan bernafas lebih cepat.

Makanan dan hasil metabolisme, walaupun menghasilkan energi, cenderung menumpuk hasil metabolit berupa oksidan dalam tubuhnya. Jika hal itu sering terjadi dalam tubuh akibatnya orang tersebut akan mengalami gejala seperti layaknya orang yang sudah tua.

Karena itu walaupun mau mandi di malam hari sebaiknya memakai air hangat agar suhu panas tubuh tetap bisa beradapatasi.

Gambar Gravatar
Seorang pria asal Pekalongan yang gemar menulis dan sekarang belajar berbisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.