Inilah Alasan Pentingnya Pembukuan Bagi UMKM

Keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau biasa disebut UMKM di Indonesia tidak boleh dipandang remeh. UMKM menjadi tolak ukur pertumbuhan perekonomian sebuah negara. Dari data dari Kemenkopukm tahun 2020 menyebutkan bahwa UMKM menyumbang 61,97 persen Produk Domestik Bruto (PDB) atau setara 8,6 triliun rupiah. Dimana PDB ini indikator penting untuk mengukur pertumbuhan ekonomi.

Untuk itu lebih dari 64 juta UMKM yang tersebar di Indonesia diharapkan mampu memulihkan perekonomian Indonesia pasca pandemi ini. Pemerintah juga mendorong UMKM dengan berbagai upaya, diantaranya pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dipermudah. Juga dengan mengadakan kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) untuk mendorong tumbuhnya produk-produk lokal unggulan dari UMKM.

Perkembangan UMKM di Era Digital

UMKM sempat mengalami permasalahan yang besar akibat dari pembatasan mobilisasi masyarakat saat pandemi. Perilaku konsumen yang awalnya berbelanja secara langsung otomatis mengalami perubahan drastis. Maka dari itu tak sedikit UMKM yang tumbang.

Akan tetapi adanya perkembangan teknologi dan informasi, pelan-pelan banyak UMKM bertransformasi untuk melakukan digitalisasi usahanya. Alhasil, laporan eConomy SEA 2020 dari Google menyebutkan bahwa nilai ekonomi digital Indonesia tumbuh 11 persen dari tahun 2019.

Memang sejak pandemi, perilaku belanja semua berubah. Transaksi jual beli secara online menjadi pilihan banyak orang dibandingkan belanja secara langsung. Jika pelaku UMKM tidak mau menyesuaikan bisa jadi perlahan akan tumbang.

Pentingnya Pembukuan Bagi UMKM

Ada satu kekurangan lagi yang hampir dialami oleh pelaku UMKM di Indonesia sehingga mereka sulit berkembang. Bukan hanya tidak berkembang, banyak juga yang bisnisnya tutup karena masalah ini. Kekurangan besar itu adalah pembukuan.

pentingnya pembukuan, software akuntansi online

Disadari atau tidak, pelaku UMKM hampir jarang membuat pembukuan. Padahal pembukuan merupakan salah satu yang paling penting untuk membuat usahanya berkembang. Kebanyakan hanya fokus pada produk dan marketing saja. Pengembangan produk memang penting, marketing juga penting, namun pembukuan pun tak kalah penting.

Seberapa besar pentingnya pembukuan ini untuk perkembangan bisnis? Berikut ini alasan pentingnya pembukuan bagi UMKM:

1. Bisnismu Untung Atau Rugi

Ini alasan pertama, agar kita bisa mengetahui bahwa sebenarnya bisnis yang dijalankan untung atau rugi. Jangan-jangan hanya terlihat ramai, tapi sebenarnya keuntungan yang didapat sangat kecil. Atau bahkan merugi karena pengeluaran harianmu lebih besar daripada pendapatan.

Dengan pembukuan, untung rugi bisa diketahui secara pasti. Bukan hanya perkiraan belaka. Banyak yang tergelincir dalam masalah ini, bahkan sampai bisnisnya tutup.

2. Alat Perencana

Kalau sudah mengetahui bisnismu untung atau rugi, selanjutnya adalah merencanakan apa yang bisa dilakukan selanjutnya. Apakah membuka cabang baru, atau justru mengurangi karyawan sebagai bentuk efisiensi.

3. Mengetahui Jumlah Transaksi

Tentu saja dengan pembukuan semua transaksi akan tercatat dengan baik. Apapun usahanya, transaksi yang tercatat akan mempermudah kita membaca data. Semakin rapi pembukuan transaksinya, akan semakin mudah pula mengetahui ketika ada perbedaan jumlah pendapatan Anda.

4. Mempermudah Penghitungan Pajak

Meskipun masih bertaraf UMKM, taat pajak itu penting. Membayar pajak saat usahanya masih kecil akan melatih tertib pajak ketika usahanya sudah semakin besar. Dengan pembukuan yang rapi, kita jadi bisa mengetahui seberapa besar jumlah pajaknya.

5. Mengetahui Hutang Piutang

Dalam dunia usaha memang tak lepas dari hutang dan piutang. Kalau tidak mempunyai pembukuan yang baik, tentu hutang dan piutang ini sulit diketahui. Terutama hutang perusahaan. Jangan sampai terlihat banyak profit penjualan tapi ternyata masih ada hutang yang belum terbayar.

Masih Meremehkan Pembukuan? 

Dengan mengetahui seberapa pentingnya pembukuan dalam sebuah usaha maka sudah sepatutnya para pelaku usaha tidak lagi meremehkan. Memang pembukuan ini tidak mudah untuk dilakukan, apalagi bagi yang belum terbiasa.

Kabar baiknya sekarang sudah banyak perusahaan yang menyediakan software akuntansi online. Software tersebut bisa Anda manfaatkan untuk mencatat pembukuan secara online, bisa diakses dimana saja tanpa khawatir ketinggalan laporan.

Salah satu rekomendasi software akuntansi online yang bisa Anda gunakan adalah Kledo. Banyak sekali keunggulan dari software akuntansi kledo ini. Selain bisa lengkap, tampilannya juga sederhana sehingga mudah dimengerti pengguna baru.

software akuntansi kledo, kledo, pejuang cuan

Mengenai fitur, sudah tidak diragukan lagi, kledo sudah sangat cukup untuk para pelaku bisnis UMKM. Pembukuan yang sederhana hingga detail bisa ditangani oleh Kledo. Anda bisa menampilkan laporan penjualan, pembelian bahkan laporan keuangan secara realtime.

Untuk para pelaku bisnis UMKM yang baru hendak memulai merapikan pembukuan, sangat dianjurkan menggunakan kledo. Anda bisa memilih paket yang gratis terlebih dahulu untuk ujicoba. Kalau sudah terbiasa maka bisa memilih paket berbayar untuk mendapat benefit lebih banyak.

Tidak harus menggunakan laptop, kledo juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa Anda unduh melalui smartphone android maupun iphone. Semoga dengan merapikan pembukuan, pejuang cuan seperti kita bisa tetap mendapat cuan dan mengontrolnya dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.