Ternyata Ini Penyebab Mulut Pahit Saat Sakit

Diposting pada

lidah pahit saat sakit, lidah pahit

Penyebab mulut pahit saat sakit ternyata ini!

Memang benar kata orang, kita baru bisa merasakan nikmatnya sehat ketika sakit. Segala macam makanan yang biasa kita konsumsi ternyata kurang kita syukuri. Kita anggap semua itu hanya rutinitas sehari-hari. Padahal semua itu nikmat dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Bakso, soto, nasi goreng, pizza, sate, tidak bisa kita nikmati saat sakit. Terbukti sudah bahwa sehat itu memang anugerah yang harus kita syukuri.

Eh, ngomong-ngomong soal makanan nikmat, sadarkah Anda bahwa saat kita sakit mulut terasa pahit?

Makanan apapun yang masuk ke dalam mulut, semuanya pasti tidak enak. Oleh karena itu banyak orang sakit yang tidak doyan makan, salah satunya karena mulut terasa pahit.

Mulut Pahit Saat Sakit, Ini Sebabnya!

Semua orang pasti pernah merasakan sakit dan merasakan yang namanya mulut pahit. Tapi tahukah Anda apa penyebab mulut pahit itu?

Mengutip dari The Breath, yang menyebabkan mulut pahit saat sakit adalah karena produksi air liur berkurang. Padahal makanan bisa kita rasakan jika makanan tersebut telah larut dalam air liur.

Mulut yang kering otomatis menyebabkan kemampuan lidah dalam mengecap rasa jadi berkurang. Itulah penyebab mulut pahit saat sakit. Maka dari itu, biasanya mulut pahit juga bersamaan dengan bau mulut dan mulut kering.

Nah, saat air liur berkurang dalam mulut, oksigen juga akan berkurang, ini dapat memicu tumbuhnya bakteri anaerob. Dalam jumlah besar, bakteri tersebut mengeluarkan gas sulfur sehingga menyebabkan bau mulut. Bakteri-bakteri ini juga yang menyebabkan mulut terasa pahit.

Untuk Anda yang mempunyai lidah dengan tekstur kasar akan lebih rentan terkena bakteri anaerob dibanding dengan lidah dengan permukaan halus. Papilia (tonjolan lidah) secara sepintas akan tampak berbulu dan lebih putih.

 

 

Gambar Gravatar
Seorang pria asal Pekalongan yang gemar menulis dan sekarang belajar berbisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.