Perbedaan Kelapa Wulung dan Kelapa Biasa

Diposting pada

perbedaan kelapa wulung

Pernahkah Anda mendengar tentang kelapa wulung? Bagi penggemar kelapa muda, pasti tidak akan asing dengan nama tersebut.

Ya, wulung namanya seperti seekor burung, tapi tidak ada satu bagianpun yang berhubungan dengan hewan. Wulung adalah salah satu jenis dari kelapa.

Selain terkenal dengan nama itu, juga biasa orang menyebutnya degan ijo. Degan ijo atau wulung bukan dilihat dari kulit luarnya yang berwarna hijau. Melainkan cirinya akan terlihat ketika kulitnya kita belah. Degan ijo akan berwarna pink keunguan. Dari warna itulah perbedaan kelapa wulung dan kelapa biasa secara visual.

Sempat ramai pada saat covid kemarin, sekarang sudah kembali seperti semua, hanya para penikmatnya saja yang masih mengkonsumsi buah satu ini.

Wulung merupakan buah kelapa yang punya segmentasi pasar sendiri. Selain karena harganya lebih mahal daripada buah kelapa biasa.

Alasan Kenapa Degan Ijo Berukuran Kecil

Dari bentuknya, degan ijo biasanya berukuran lebih kecil daripada degan biasa. Perbedaan ukuran ini sangat mencolok, dan itu sudah umum. Ukurannya yang kecil menandakan bahwa buah itu memang masih muda. Tak heran jika belum muncul daging buahnya.

Kalau Anda masih kebingungan cara membedakan kelapa muda yang ada daging buahnya atau tidak, bisa cek caranya disini.

Bukan tanpa alasan kenapa degan ijo masih muda dan kecil tapi sudah dijual. Sebab uniknya wulung, semakin tua dan ada dagingnya maka kulit dalamnya tidak lagi berwarna pink keunguan. Oleh karena itu untuk meyakinkan pembeli, degan wulung muda menjadi pilihan.

Ya, memang sih tidak semuanya berukuran kecil. Ada juga degan wulung muda berukuran besar. Biasanya penyebabnya karena pohon kelapa jenis wulungnya belum sering panen jadi ukurannya masih besar-besar.

 

Gambar Gravatar
Seorang pria asal Pekalongan yang gemar menulis dan sekarang belajar berbisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.