Sayuran Penyebab Asam Urat Yang Terlarang Untuk Dikonsumsi

Diposting pada

sayur untuk asam urat

Pada dasarnya segala macam sayuran itu baik untuk kesehatan karena mengandung serat tinggi. Oleh karenanya banyak pakar gizi maupun praktisi kesehatan menyarankan untuk selalu mengkonsumsi sayuran secara seimbang.

Akan tetapi di masyarakat umum sering kita dengar ada beberapa sayuran penyebab asam urat yang terlarang untuk dikonsumsi. Misalnya sayur asem, dengan daun melinjo di dalamnya.

Pasalnya, emping terlarang untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Sedangkan emping terbuat dari biji melinjo, asumsi masyarakat membuat kesimpulan bahwa daun melinjo juga bisa menjadi tersangka kambuhnya asam urat.

Padahal faktanya, daun melinjo justru mengandung antioksidan yang tinggi. dr. Devia Irine Putri, Health educator and communicator di KlikDokter.com mengatakan bahwa daun melinjo sangat baik untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

Penyebab Asam Urat

Penyakit asam urat merupakan akibat dari konsumsi zat purin yang berlebihan. Tubuh mengolah purin menjadi asam urat. Namun jika kadar asam urat berlebihan, maka ginjal tidak mampu mengeluarkan, sehingga kristal asam urat menumpuk pada persendian. Akibatnya, sendi terasa nyeri, bengkak dan meradang.

Zat purin biasanya banyak terkandung pada jeroan dan jenis makanan lain, oleh karena itu untuk menghindari kambuhnya asam urat disarankan untuk melakukan diet asam urat. Salah satunya hindari sayuran penyebab asam urat.

6 Tips Mengatasi Asam Urat

1. Menghindari makanan yang dapat meningkatkan asam urat

Makanan yang meningkatkan asam urat diantaranya seperti jeroan (hati, ginjal, limfa, babat, usus, paru, dan otak). Hindari juga makanan laut seperti udang, cumi, kerang, kepiting dan sejenisnya. Makanan kaleng, telur, kaldu dan kuah kaldu kental juga harus dihindari.

2. Menghindari makanan penyebab asam urat

Diantaranya seperti emping, melinjo, kangkung dan bayam. Daun singkong, daun jambu mete, asparagus, buncis, dan kol. Hindari juga jenis kacang-kacangan seperti kacanghijau, kacang tanah, kacang panjang, kedelai, tempe, oncom, dan susu kedelai.

3. Menghindari buah-buahan berikut: durian, alpukat dan nanas

4. Hindari minuman dan makanan beralkohol

5. Pada orang gemuk dengan asam urat tinggi sebaiknya menurunkan berat badan

6. Banyak minum air putih

Karena dengan banyak minum air putih kita dapat membantu membuang purin yang ada dalam tubuh.

Demikian 6 tips mengatasi asam urat yang sebaiknya aplikasikan sebelum asam urat lebih kronis. Segera hubungi dokter jika terdapat tanda-tanda lain.

Gambar Gravatar
Seorang pria asal Pekalongan yang gemar menulis dan sekarang belajar berbisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.