Susu Bikin Anak Cerdas, Benarkah?

Diposting pada

minum susu bikin anak cerdas, susu kecerdasan

Orang-orang dahulu mempercayai bahwa susu bikin anak cerdas. Makanya orang tua selalu membuatkan susu pada pagi hari sebelum sekolah. Itu orang tua saya, bagaimana dengan orang tuamu?

Diantara para pembaca blog ini, saya yakin pernah setidaknya sekali seumur hidup mendengar atau melihat iklan susu formula dengan tagline “Nutrisi Tepat Agar Anak Cerdas”. Ataupun susu kental manis yang biasa kita kenal.

Banyaknya iklan semacam itu membuat sebagian besar masyarakat, terutama ibu-ibu meyakini bahwa minum susu bisa membuat anak menjadi cerdas. Sebagaimana iklan-iklan tv.

Bukan hanya iklan, sejak kecil kita selalu menerima doktrin untuk selalu menyanyikan 4 sehat 5 sempurna dengan susu sebagai penyempurnanya. Padahal sekarang sudah berganti dengan gizi seimbang.

Dengan terpengaruhnya mindset kita seperti itu, banyak ibu-ibu bahkan membelikan susu yang harganya tidak murah dengan asumsi lebih bikin anak semakin cerdas.

Susu Bikin Cerdas, Mitos atau Fakta?

Ternyata anggapan bahwa anak yang minum susu tambah cerdas adalah keliru alias mitos belaka. Mengukur tingkat kecerdasan anak bukan dari banyaknya minum susu.

Kecerdasan anak terjadi dari banyak faktor, antara lain keturununan, stimulasi lingkungan dan nutrisi yang tepat. Sedangkan susu hanya berperan pada bab nutrisi, itupun tidak bisa melengkapi nutrisi hanya dari minum susu saja.

Nutrisi yang baik akan memperbaiki sambungan-sambungan saraf (sinaps) otak. Sehingga stimulasi dari lingkungan akan diterima dengan baik oleh sang anak.

Meskipun anak Anda mengkonsumsi susu yang paling lengkap kandungan nutrisinya tapi tidakmendukung stimulasi lingkungan yang baik maka akan sia-sia saja.

Pendidikan keluarga sangat penting sebagai rangsangan ke otak. Anda lah sebagai orang tua yang sangat berperan penting terhadap kecerdasan anak, bukan dari seberapa mahal konsumsi susunya.

Semoga bermanfaat

Gambar Gravatar
Seorang pria asal Pekalongan yang gemar menulis dan sekarang belajar berbisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.