Ternyata Selama Ini Kita Salah Cara Gosok Gigi

Diposting pada

salah cara gosok gigi, cara gosok gigi yang salah

Sejak kecil kita sudah didoktrin, bangun tidur ku terus mandi, tidak lupa menggosok gigi. Padahal banyak dokter gigi menyarankan gosok gigi sebelum tidur, bukan setelah tidur, hehe. Tapi bukan itu yang akan kita bahas, tapi kesalahan yang lain saat menggosok gigi. Pakar rekonstruksi dan estetika gigi, Dr. Michael Lenchner, DDS, mengatakan bahwa ternyata selama ini kita salah cara gosok gigi.

7 Kesalahan Umum Saat Menggosok Gigi

Berikut ini beberapa kesalahan yang sangat umum terjadi saat menggosok gigi, apakah Anda termasuk di dalamnya? Silakan simak sampai habis:

1. Gosok gigi kurang lama

Mungkin termasuk kamu, seringnya gosok gigi terlalu cepat alias kurang lama. Terburu buru dalam menggosok gigi menyebabkan sisa sisa makanan masih terselip di gigi.

2. Mengabaikan area garis gusi

Area garis gusi merupakan bagian yang paling penting untuk dijaga kebersihannya. Tapi kebanyakan orang mengabaikan hal ini. Pasalnya, diarea garis gusi dan gigi merupakan tempat tumbuhnya plak, tartar dan bakteri dalam mulut.

Jika tidak dijaga kebersihannya, bisa jadi gusi Anda gampang menjadi radang dan terinfeksi. Dalam istilah kedokteran disebut dengan gingivitis.

3. Tekniknya salah

Kesalahan umum berikutnya yang sering terjadi adalah cara menggosok giginya yang salah. Kebanyakan kita menggosok gigi dengan cara seperti menggergaji pohon, menyamping.

Padahal cara ini menyebabkan enamel gigi rusak. Jika enamel rusak maka gigi gampang retak dan rapuh. Tentu saja, semakin berumur akan semakin rapuh.

4. Menyikat gigi terlalu kuat

Tidak hanya rusak karena gosok gigi secara menyamping, menyikat terlalu kuat juga bisa menyebabkan enamel gigi rusak. Apalagi jika Anda punya kebiasaan menggertak gigi saat tidur, bisa tambah parah.

5. Sikat gigi yang salah

Memilih sikat gigi juga harus teliti. Jangan sampai salah menentukan sikat gigi. Pilihlah sikat gigi yang soft, bukan yang keras. Biasanya disetiap kemasan sikat gigi sudah tertulis jelas. Penggunaan sikat gigi yang terlalu keras bisa menyebabkan gusi berdarah dan rusaknya enamel gigi.

6. Pasta gigi yang kita pakai kurang tepat

Pasta gigi juga bermacam-macam yang ada di pasaran. Hendaknya pilihlah pasta gigi yang tidak ada kandungan baking soda, karena zat ini sangat keras untuk enamel.

7. Tidak membilas dengan bersih

Berkumurlah setelah gosok gigi dengan bersih dan tuntas. Jangan menyisakan sisa pasta gigi di dalam mulut. Alih-alih ingin supaya lebih bersih justru malah bakteri yang telah disikat tertumpuk digigi.

Demikian beberapa cara salah gosok gigi ala Dr. Lenchner. Pada tulisan selanjutnya akan saya paparkan cara yang benar menggosok gigi. Silakan aplikasikan pada Anda, semoga bermanfaat. Jangan lupa share ke media sosial Anda.

Gambar Gravatar
Seorang pria asal Pekalongan yang gemar menulis dan sekarang belajar berbisnis

One thought on “Ternyata Selama Ini Kita Salah Cara Gosok Gigi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.