Lakukan 6 Amalan Pembuka Pintu Rezeki Ini

Posted on

Rezeki memang Allah subhanahu wa ta’ala sudah mengaturnya untuk semua makhluknya. Oleh karena itu tidak kita temukan satu makhluk pun tak mendapatkan makanan sama sekali selama hidupnya. Terlebih manusia, yang Allah telah menjanjikan bahwa tidak akan mati kecuali sudah dipenuhi semua rezekinya.

Namun, sebagian dari kita merasa rezeki dari Allah tidak kita dapatkan dengan lancar. Memang ada beberapa hal yang menyebabkan rezeki kita terganjal, misalnya kurang bersyukur. Sebagaimana Allah telah menekankan hal itu dalam firman-Nya, bahwa siapa yang bersyukur akan ditambah nikmatnya dan siapa yang kufur maka adzab Allah sangat pedih. Tentu saja, itu yang menjadi faktor utama kita merasa rezekinya kurang lancar.

amal pembuka pintu rezeki, pintu rezeki, rezeki, riski, rizki, rezki

Pembuka Pintu Rezeki

Sebenarnya dalam agama ini, ada banyak amalan yang bisa kita lakukan untuk memperlancar rezeki dari Allah. Berikut ini 6 amalan pembuka pintu rezeki yang bisa kita kerjakan:

1. Istighfar

Allah subhanahu wa ta’ala telah berfirman yang artinya, “Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada tuhanmu sesungguhnya dialah yang maha pengampun, niscaya dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak anakmu, dan mengadakan ntukmu kebun kebun dan mengadakan (pula didalamnya) untukmu sungai sungai.” [QS. Nuh: 10 – 12]

Hujan adalah rezeki, dengannya tumbuh-tumbuhan dan makhluk hidup di dunia ini bisa hidup atas izin Allah. Ayat tersebut secara gamblang dan tersurat mengabarkan kepada kita bahwa istighfar atau memohon ampun kepada Allah bisa melancarkan rezeki.

2. Menjalin Silaturahim

Silaturahim adalah menjalin hubungan dengan kerabat yang pernah putus atau terus menjalin hubungan dengan kerabat yang sudah terjalin.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Siapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya dan hendaknya dia menyambung silaturahim.” [HR. Bukhari].

3. Memperbanyak Sedekah

Mungkin amalan pembuka pintu rezeki satu ini sudah banyak diketahui orang. Tapi pertanyaannya seberapa yakin dan kuat keimanan kita terhadap firman Allah ‘azza wa jalla yang tertuang dalam ayat berikut:

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman yang artinya, “Katakanlah: Sesungguhnya tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya diantara hamba hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya). Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan dialah pemberi rezeki yang sebaik sebaiknya.” [QS.Saba’: 39]

Sekali lagi, ini janji Allah yang tidak akan diingkari oleh Allah. Namun, sudahkah kita mengerjakannya?

4. Bertaqwa keada Allah subhanahu wa ta’ala

Dalam kamus umat islam, hendaknya kata “taqwa” ini berada pada cover utama. Tidak ada yang kita lakukan di dunia ini kecuali menuju ketaqwaan. Disamping itu, ada bonus yang kita dapatkan yaitu lancarnya rezeki.

Allah subhanahu wa ta’alaberfirman yang artinya, “Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya dia akan mengadakan baginnya jalan keluar, dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah (akan mencukupkan keperluannya).” [QS.At-Thalaq: 2-3]

5. Haji dan Umrah

Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu’anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Rangkaikanlah ibadah umrah dengan haji, karena keduannya menghilangkan kemuiskinan dan dosa dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak.” [HR. An-Nasa’i)

6. Memperbanyak Doa Meminta Rezeki

Bagaimana mungkin Allah akan memberikan rezeki yang lancar jika kita saja tidak pernah memintanya. Meminta kepada Allah caranya dengan berdoa. Berkaitan dengan rezeki, Rasulullah juga punya doa khusus yang dibaca pada waktu pagi. Setiap Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan shalat shubuh setelah salam, beliau membaca doa berikut ini:

“Allahumma inni as-aluka ‘ilman nafi’a, wa rizqon toyyibaa wa’amalan mutaqobbalaa.”

Artinya: ”Ya Allah sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain) rezeki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” [HR. Ibnu Majah]

Demikian 6 amalan pembuka pintu rezeki yang bisa kita kerjakan dengan maksimal. Jangan lupa, seberapapun rezeki yang kita dapatkan, selalu ucap “alhamdulillah”. Juga mempergunakan rezeki dari Allah untuk jalan kebaikan.

Satu yang paling penting diingat, jangan lupa niatan awal ketika mengerjalan amalan ini murni hanya untuk beribadah kepada Allah, bukan hanya mencari dunia saja. Sebab, Allah telah memberitahukan kita bahwa barangsiapa yang menginginkan dunia, maka Allah akan memberinya dunia saja, tidak dengan akhiratnya.

Gravatar Image
Seorang pria asal Pekalongan yang gemar menulis dan sekarang belajar berbisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.