Cara Pembayaran Tiket Kereta Api via ATM BCA

Di Info

Saat pembelian tiket kereta api secara online ada opsi pembayaran via atm. Bagi yang belum tahu bagaimana cara pembayaran tiket kereta api via atm BCA, jangan khawatir, saya akan share untuk yang membutuhkan.

Paling enak menurut saya memang menggunakan internet banking, kita tidak perlu keluar rumah untuk melakukan pembayaran tiket. Tapi jika belum terdaftar internet banking ya terpaksa ambil opsi bayar via atm. Kalau nggak mau ribet, pake opsi bayar di indomaret / alfamart. Itu kalau tempat Anda dekat dengan minimarket-minimarket tersebut, hehe.

Kemarin sudah saya jelaskan langkah-langkah cara membeli tiket kereta api secara online, sekarang giliran cara bayarnya. PT KAI menerima sistem pembayaran booking online berikut ini:

Cara pembayaran tiket kereta api via atm bca

Dari sekian banyak opsi pembayaran di atas yang akan kita bahas kali ini adalah opsi pertama, pembayaran via ATM. Lebih khusus lagi bagaimana cara pembayaran tiket via ATM BCA. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama kita harus punya kartu ATM BCA, bukan yang lain (ya iyalah, haha)
  2. Lalu masukkan kartu BCA ke ATM BCA lalu masukkan PIN
  3. Pilih opsi TRANSAKSI LAINNYA
  4. Pilih menu PEMBAYARAN –> PEMBAYARAN LAINNYA
  5. Masukkan KODE PERUSAHAAN PT KAI yaitu 711711
  6. Setelah itu masukkan KODE PEMBAYARAN setelah kita booking online biasanya 13 digit (bisa dicek di email) lalu LANJUTKAN
  7. Setelah itu akan muncul konfirmasi bahwa Anda sedang melakukan pembayaran tiket kereta api yang sudah dipesan sebelumnya secara online, lengkap dengan jumlah yang harus dibayar lalu tekan OK
  8. SELESAI

Muncul struk pembayaran seperti di bawah ini:

Struk Tiket Kereta Api, bayar tiket via bca, tiket kereta api bayar via atm

Simpan baik-baik struk tersebut, jangan sampai hilang. Bukti pembayaran tiket itu akan ditukar dengan tiket asli di loket stasiun. Dan maksimal penukaran struk adalah satu jam sebelum jadwal keberangkatan kereta.

Saya lebih suka melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan kereta api daripada bus. Salah satu alasan memilih kereta api karena nyaman. Apalagi sekarang perjalanan kereta api jadi lebih cepat setelah adanya rel ganda jalur Pantura. Mudah-mudahan cara pembayaran via ATM BCA ini bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Tags: #atm bca #kereta api #pembayaran tiket kereta #tiket kereta api

author
Penulis: 
Blogger asal Pekalongan yang punya mimpi BESAR. Terima kasih telah membaca tulisan saya, silakan SHARE jika bermanfaat!
Baca Juga×

Top